15 Oktober, 2010

EPIDEMIOLOGI DAN PERANANNYA DALAM PEMECAHAN KESEHATAN MASYARAKAT

A.    Pengertian

Epidemiologi berasal dari perkataan Yunani, dimana epi- yang berarti ” permukaan, diatas, menimpa, atau tentang”, demos yang berarti ” orang, populasi, penduduk, manusia ” serta ologi berarti ” ilmu tentang ”. Menurut asal katanya, secara etimologis, epidemiologi berarti ilmu mengenai kejadian yang menimpa penduduk.

Epidemiologi menekankan pada upaya menerangkan bagaimana frekuensi & distribusi penyakit serta bagaimana berbagai factor dapat menjadi factor penyebab penyakit.

Definisi Epidemiologi menurut para ahli:

·         Ilmu yg mempelajari tentang penyakit  dan segala macam kejadian yg mengenai sekelompok penduduk. ( Green Wood ,1934 ) 

·         Ilmu yang mempelajari distribusi penyakit dan determinan yang mempengaruhi frekwensi penyakit pada populasi manusia. ( Mac Mahon.B , Pugh,T.F., 1970 )

·         Pengetahuan tentang fenomena masal penyakit infeksi atau sebagai riwayat alamiah penyakit menular  ( Wade Hampton Prost (1972)

·         Studi tentang faktor yang menentukan frekwensi dan distribusi penyakit pada populasi manusia. (Lowe,C.R.,Koestrzewski,J., 1973 )

·         Studi tentang penyakit yg menimpa suatu populasi manusia. ( Garry D.Freidman , 1974 ) 

·         Ilmu yang mempelajari distribusi dan determinan penyakit dan ruda paksa pada populasi manusia. ( Mausner,J. , Bahn, 1974 )

·         Ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang menimpa penduduk ( Omran, Abdel.R. , 1979 )

·         Ilmu yang mempelajari distribusi penyakit atau keadaan fisiologis pada penduduk dan determinan yang mempengaruhi distribusi tersebut. ( Lilienfeld,A.M., Lilienfeld, D.E. , 1980 )

·         Suatu studi tentang distribusi dan determinan penyakit pada populasi manusia. ( Barker, D.J.P., 1982 )

·         Studi tentang distribusi dan determinan penyakit dan kecelakaan pada populasi manusia ( Mausner & Kramer 1985 ) 

·         Studi tentang distribusi dan determinan tentang keadaan atau kejadian yg berkaitan dg kesehatan pd populasi tertentu dan aplikasinya utk menanggulangi masalah kesehatan.(  Last 1988 ) 

·         Ilmu yg mempelajari distribusi, frekuensi dan determinant dari suatu peristiwa kesehatan dan peristiwa lain yg berhubungan dg kes yg menimpa sekelompok masyarakat, dan menerapkan ilmu ini utk mencari penanggulangannya. ( WHO , 1989) 

Jadi, Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari distribusi dan determinan dari peristiwa kesehatan dan yang berkaitan dengan kesehatan yang menimpa masyarakat, serta menerapkan ilmu tersebut untuk memecahkan masalah kesehatan

 

B.     Tujuan mempelajari Epidemiologi (Brownson and Petiti, 1998)

·         Menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan (agent, host, dan lingkungan) sebagai unsure dasar (ilmiah) untuk tindakan penyakit, kecelakaan (injury) dan promosi kesehatan.

·         Menentukan penyebab utama kesakitan, kecacatan, dan kematian untuk menetapkan prioritas tindakan dan riset.

·         Mengidentifikasikan kelompok penduduk risiko tinggi dari suatau penyakit, sehingga tindakan dapat segera diprioritaskan.

·         Mengevaluasi efektifitas program-program kesehatan dan upaya pelayanan dalam rangka peningkatan kesehatan penduduk.

 

C.     Peran dalam Kesehatan Masyarakat

Meninjau dari penjelasan tentang pengertian epidemiologi, serta ruang lingkupnya, seorang ahli epidemiologi atau epidemiolog memiliki peran-peran penting dalam kesehatan masyarakat. Ada beberapa peranan epidemiolog dalam kesehatan masyarakat, diantaranya adalah:

·         Mencari  / mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi timbulnya gangguan kesehatan atau penyakit dalam suatu masyarakat tertentu dalam usaha mencari data untuk penanggulangan serta cara pencegahannya.

·         Menyiapkan data / informasi untuk keperluan program kesehatan dengan menilai status kesehatan dalam masyarakat serta memberikan gambaran tentang kelompok penduduk yang terancam.

·          Membantu menilai beberapa hasil program kesehatan.

·         Mengembangkan metodologi dalam menganalisis penyakit serta cara mengatasinya, baik penyakit perorangan ( tetapi dianalisis dalam kelompok ) maupun kejadian luar biasa ( KLB ) / wabah dalam masyarakat.

 

Alif Kiky Listiyati (E2A009071)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar