05 Oktober, 2010

STRESS MELANDA DI KALA UJIAN

Saat mulai menginjakkan diri menjadi mahasiswa, banyak perubahan–perubahan yang terjadi pada diri mahasiswa. Salah satunya adalah cara belajar. Saat masih di sekolah menengah, belajar masih bisa dikontrol oleh guru. Lain halnya kalau di perguruan tinggi, mau belajar atau tidak pun dosen tidak akan menagih atau memarahinya.

Selain cara belajar yang berbeda, banyaknya kegiatan yang ada di kampus juga mempengaruhi cara belajar mahasiswa. Semula jika tidak mempunyai kegiatan kampus sama sekali bisa meluangkan waktunya untuk belajar menjadi sama sekali tidak mempunyai waktu untuk belajar, sehingga ketika ujian akan dilaksanakan keesokan harinya. Tidak jarang yang belajar dengan SKS (Sistem Kebut Semalam).

Sistem ini tentu tidak bisa menghasilkan hasil yang memuaskan. Selain membuat capek otak saat malam harinya, saat ujian mulai berlangsung pun banyak materi yang tidak dapat terserap otak dengan maksimal. Sehingga banyak mahasiswa yang mengalami stress hanya karena belum ada persiapan ujian.

Stres karena tuntutan untuk mendapatkan IPK yang maksimal membuat banyak mahasiswa selalu berpikir instan. Mulai dari menyiapkan contekan sebelumnya hingga melobi temannya untuk dicontek. Segala cara ini tentu saja tidak efektif, apalagi jika ini dilakukan secara terus-menerus. Tentu akan membawa mahasiswa tersebut untuk lebih berlaku curang saat lulus dari perguruan tinggi, teruta saat mulai bekerja.

Untuk itu diperlukan cara jitu untuk mencegah stres agar tidak berkelanjutan saat ujian berikutnya. Adapun cara-cara tersebut adalah:

1. Persiapkan diri sejak saat mulai semester baru

Cara ini paling ampuh dilakukan untuk menyerap materi lebih banyak dibandingkan cara belajar SKS (Sistem Kebut semalam). Luangkan waktu minimal 60 menit setiap sore ataupunmalam untuk mengulang kuliah yang telah diberikan dosen, serta lungkan waktu setiap pagi setelah subbuh minimal 30 menit untuk mempelajari kuliah yang akan diberikan sesuai daengan kontrak kuliah dosen.

2. Jaga kondisi tubuh sebelum ujian

Biasakan untuk berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu. Selain membuat tubuh menjadi lebih fit dan segar. Juga bisa menyegarkan otak saat ujian berlangsung. Selain itu, jangan biasakan begadang pada malam harinya. Selain itu, biasakan mkan secara teratur 3x sehari dan bergizi tinggi. Jika stres mulai melanda, jangan sekali-kali menggunakan NAPZA ( Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya). Selain bisa merusak tubuh, juga bisa merusak kecerdasan mental dan otak.

3. Dekatkan diri pada Sang Pencipta

Dekatkan diri Anda Tuhan Anda, jangan sekali-kali melanggar laranganNya. Biasakan untuk melaksanakan segala perintahNya, dan berdoalah hanya kepadaNya. (-Kiky-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar